Guru Adalah Pahlawanku Pahlawanmu dan Pahlawan Kita Semua

blogger templates




Beberapa hari yang lalu dapat mention dari kakak senior dikampus yang sangat getol dan antusias untuk urusan menulis, beliau memberi informasi tentang adanya lomba blog gerakan indonesia berkibar. Ketika membaca tema yang disajikan pada lomba blog hati saya langsung berdesir dan semua komponen syaraf saling berkoordinasi untuk mengenang masa-masa di sekolah dasar sampai di tingkat SLTA. Disetiap tahapan pendidikan yang telah terlalui tersebut, selalu saja ada sosok menarik yang menjadi teladan dengan karakter yang begitu berbeda dan menjadi motivasi karena semangat yang mereka berikan melalui nasehat, tingkahlaku, cara bergaul, cara menghargai banyak hal dalam kehidupan ini sehingga tidak ada yang sia-sia dan cara selalu memberi manfaat bagi orang lain dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa terlintas pamrih sedikitpun.


Dengan kesederhanaan sosok-sosok pengajar ketika kita masih di Sekolah Dasar maupun ketika sudah SLTA pasti memberikan kesan tersendiri bagi kepribadian dan motivasi bagi kita untuk mencapai keberhasilan. Jasa para guru kita tak pernah dapat diukur dengan apapun. Perjuangannya yang tak kenal lelah untuk berupaya memberdayakan potensi kemanusiaan (fisik, intelektual, emosi, intuisi) anak didik secara optimal dan terintegrasi sehingga bermanfaat untuk membangun kehidupan bersama yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas mutu generasi penerus bangsa ini.

Tidak pernah terbayangkan jika seandainya didunia ini tidak ada yang namanya guru, tidak ada orang yang berbagi ilmu, tidak ada orang yang mengajarkan apapun, maka muncul sebuah pertanyaan apakah bisa teknologi berkembang  sampai seperti yang kita rasakan sekarang ini? Apakah bisa kemajuan dapat di capai sejauh ini? jawaban sebagian besar orang pasti tidak. Sepintar-pintarnya manusia tetap akan memerlukan guru untuk menambah wawasanya dan menambah keilmuanya. Begitulah besarnya peran para guru kita sebagai pahlawanku, pahlawanmu dan juga pahlawan kita semua. Guru dengan begitu banyak jasanya tidak pernah mengeluh sedikitpun, walau harus bersepeda berkilo-kilo meter, bahkan ada yang jalan kaki, menyebrangi sungai, dihadang oleh panas dan hujan untuk menunaikan tugas mulianya mencerdaskan anak bangsa. Kondisi ekonomi yang serba kekuranganpun juga tidak menjadi alasan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa ini untuk berhenti mengabdi, justru dengan segala kekurangan ini menjadi motivasi bagi para guru kita untuk memberikan yang terbaik untuk masa depan terbaik bagi para anak-anak didiknya, Itulah hebatnya pahlawanku, pahlawanmu dan pahlwan kita semua, pahlawan tanpa tanda jasa guruku, gurumu dan guru kita semua.

Didunia ini tidak ada aktor yang sehebat guru kita memainkan berbagai macam peran yang mengaduk emosi.Dalam kondisi apapun guru kita selalu tampil sempurna, tanpa beban, tanpa permaslahan, begitu banyak memiliki solusi atas berbagai macam permasalahan dan masih banyak lagi sifat-sifat teladan yang ditunjukan dihadapan kita. Padahal bisa jadi begitu banyak masalah yang harus mereka hadapi, baik dari segi ekonomi, keluarga, dan permasalahan lain yang tidak pernah kita ketahui.

Fasilitas pendidikan di negeri kita yang sebagian besar sangat memprihatinkan juga tidak mampu meyurutkan semangat para guru kita untuk terus mengabdi memberikan yang terbaik untuk kehidupan lebih baik bagi generasi penerus bangsa ini. Bahkan dengan fasilitas pendidikan yang sangat tidak memadai malah menjadi bukti keseriusan dan pembuktian betapa hebat-hebatnya sosok-sosok pahlawan tanpa tanda jasa ini dalam memberikan yang terbaik yang mereka miliki untuk bangsa yang kita cintai ini.

Bukanlah uang yang akan terus mampu mempertahankan senyum manis para guru kita, bukan juga kelengkapan fasilitas yang mereka dapatkan yang membuat senyum para guru kita bertambah lebar, tetapi yang mampu mempertahankan senyum para guru kita adalah prestasi yang terus di ukir oleh anak didiknya, walaupun nama para guru kita tidak pernah disebut sekalipun. Begitulah mulianya para pahlawan kita yang satu ini, bahkan sejarahpun sampai lupa menuliskan nama-nama mereka pada setiap masanya, padahal merekalah yang telah mencetak begitu banyak pahlawan-pahlawan hebat.


Sebagai wujud penghargaan bagi para pahlawan tanpa jasa yaitu guru kita semua, maka marilah kita tunjukan prestasi terbaik kita sesuai dengan kemampuan, kebidangan dan wilayah spesialisasi yang kita tekuni. Sehingga senyum-senyum indah diwajah tanpa lelah itu terus hidup dan terukir indah di hati kita semua, sebagai pengganti catatan sejarah yang sering melupakan peran besar pahlawanku, pahlawanmu dan pahlawan kita semua yaitu guru-guru kita.

0 Response to "Guru Adalah Pahlawanku Pahlawanmu dan Pahlawan Kita Semua"

Post a Comment