Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, October 23, 2012

Simak Kultwit @pedulijilbab,Ngomongin Bedanya #Hijab, #Jilbab, dan #Khimar?

0 comments
Sudah siap Shalihat? Malam ini kita akan bahas perbedaan istilah #Hijab, #Jilbab, #Khimar & #Kerudung. Bismillahirrahmanirrahim :')

#Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, Allah SWT. dalam surat Al Ahzab ayat 58 memerintah kepada para shahabat Nabi Saw >

> ada waktu mreka meminta suatu brg pd istri Nabi Saw utk memintanya dari balik hijab. Jadi, #hijab brarti umum, bs brupa tirai pembatas,dll

Shingga memang terkadang kata #hijab dimaksudkn utk makna jilbab. Adapun makna lain dari hijab adl sesuatu yg mnutupi atau mghalangi dirinya

#Hijab biasa juga digunakan sebagai pembatas interaksi saat sedang syuro. Pernah lihat ada yg rapat dgn menggunakan #Hijab? :')

#Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. :')

Dlm hal ini Syaikh Al Bani rahimahullah mgatakan, “Setiap #Jilbab adalah #Hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sbgaimana yg tampak.”

lanjut ke #Jilbab. Hal ini tertuang dlm perintah Allah > Al-Ahzab ayat 59 "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke sluruh tubuh mereka..."



Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, akan kita dapati pengertian #jilbab seperti berikut >

> " #Jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya."

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa #jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh :')

sebagaimana disimpulkan oleh Al Qurthuby: "Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh." Kecuali Wajah dan telapak tangan :')

Adapun #jilbab dalam surat Al-Ahzab (33) : 59, sebenarnya adalah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas sampai bawah.

Sudah terlihat jelas Shalihat, perbedaan antara #Hijab dan #Jilbab? Maka kembalikan pada kata asalnya dlm Al-Ahzab : 59. Berjilbablah :')

Kemudian #Khimar, ini yg biasa disebut dgn #Kerudung. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Buka yuk :')

#Khimar atau kerudung adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka (Al-Baghdadiy, 1991)

Jadi jelas perbedaan antara #Hijab, #Jilbab & #Khimar / #kerudung.. yg masih belum longgar & menutup seluruhnya brarti baru berkhimar :')

Karna #Jilbab tak sekedar penutup kepala hingga menutupi dada, ia melindungi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan :')

Yuk mulai #evaluasi #Jilbab kita, apakah sudah sesuai syari'at? Sila cek gambar dibawah ini :') http://t.co/tE4j8wjY





Sekian Shalihat sharing ttg #Hijab, #Jilbab, #Khimar & #Kerudung. Semoga bermanfaat. Yg benar dari Allah, yg salah dari saya *istighfar* :)

No comments:

Post a Comment